Terpilihnya Direktur Baru Polban Masa Bakti 2014-2018


racmad imbang tritjahjono

Masa jabatan direktur Polban periode 2010-1014 akan segera berakhir. Pemilihan direktur untuk periode berikutnya pun telah dilaksanakan. Namun, bagaimana kah proses pemilihan tersebut?

Ketua Panitia Pemilihan Direktur yaitu, Bapak Malayusfi, BSEE, M.Eng menyatakan bahwa proses pemilihan berdasarkan kepada :

Peraturan Menteri Pendidikan dan Budaya RI No. 33 Tahun 2012 tentang pengangkatan dan pemberhentian rektor/ketua/direktur pada perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah. Dan,
keputusan ketua senat Polban nomor 003/PL1.L/OT/2014 tentang petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis pemilihan calon direktur Polban periode 2014-2018.
Petunjuk pelaksanaan pemilihan direktur terdapat dalam Pasal 2 tentang tahapan pemilihan direktur yang memiliki 5 ayat yang intinya adalah proses pemilihan direktur dilakukan dengan 5 tahap

Tahap 1, Penjaringan bakal calon melalui pengusulan panitia oleh masyarakat (dosen dan atau non dosen Polban) yang terdiri dari 12 orang bakal calon.

Tahap 2, Penyaringan melalui verifikasi berkas administratif bakal calon oleh panitia dan atas keputusan senat yang kemudian menghasilkan 9 orang bakal calon.

Tahap 3, Tahap penetapan calon oleh sidang pleno senat melalui tes kesehatan dan psikotes dan penilaian atas makalah yang telah dibuat oleh bakal calon dan terpilihlah 3 orang calon direktur dengan suara terbanyak yaitu Bapak Rachmad Imbang, Bapak Conny, dan Bapak Ade Chandra.

Tahap 4, Tahap empat merupakan tahap pemilihan direktur melalui uji kelayakan dan kepatutan dengan mengikutsertakan menteri atau yang mewakili dalam sidang pleno senat dan bersifat tertutup. Setelah serangkaian tahap terlalui, pada tanggal 3 Juni 2014 dilaksanakan pemilihan direktur yang bertempat di Lantai 3 Conference Room Gedung P2T dengan mengikutsertakan menteri atau perwakilan yang sudah ditunjuk oleh menteri, dan yang mendapat amanat ialah Dirjen Dikti. Sebelumnya telah dilakukan sosialisasi calon direktur pada tanggal 2 Juni 2014 yang sifatnya terbuka pkl 9.00 sd 12.00 di lantai 3 dengan tujuan memperkenalkan program kerja dari ketiga calon.

Pemilihan yang dilaksanakan pada tanggal 3 Juni 2014 diawali dengan presentasi singkat dari ketiga calon, tanya jawab yang bersifat klarifikasi, dan diskusi. Setelah itu dilakukan pemungutan dan penghitungan suara pada hari yang sama. Pada pemungutan suara yang berhak memilih adalah seluruh anggota senat (65%) dan menteri atau yang mewakili (35%). Anggota senat berjumlah 43 orang, namun yang dapat memilih hanya 39 orang dikarenakan 3 anggota senat merupakan 3 calon direktur yang terpilih dan 1 anggota senat disepakati untuk tidak memilih karena peraturan pemerintah dan statuta Polban mengenai pejabat. Pada saat pelaksanaan anggota senat yang memilih sebanyak 37 orang dari 39 dikarenakan ada 2 orang yang sakit/izin dan menteri sebanyak 19 orang. Hasilnya Bapak R. Imbang memperoleh 30 suara, Bapak Conny 13 suara dan Bapak Ade Chandra 13 suara.

Dengan hasil tersebut, Bapak R. Imbang menjabat direktur Polban periode 2014-2018. Beliau dari jurusan teknik mesin yang kini juga merupakan Wakil Direktur 4, menaungi bidang pembangunan dan pengembangan pada periode tahun 2010-sekarang.

Tahap 5, Tahap pengangkatan direktur oleh Menteri yang waktunya masih menunggu keputusan Menteri, namun pihak Polban berharap dapat dilaksanakan secepatnya mengingat pada bulan September jabatan periode tahun 2010-2014 akan berakhir.

Walau agak disayangkan mahasiwa tidak memiliki hak pilih dalam pemilihan direktur ini, kita tetap memiliki hak untuk turut mengkritisi setiap proses dalam pemilihannya. Dan tentunya, setelah hasil diperoleh kita selayaknya menjadi warga kampus yang menaati kebijakan, dan sekaligus pula mengawali setiap kebijakan tersebut. Ya, semoga saja akan ada perubahan yang lebih baik, pada periode kepemimpinan selanjutnya. Aamiin. -HNS-

disalin dari Polban News 07/06

About HIMKA POLBAN

Walau Kami dilarang untuk berorganisasi di polban, tapi kami tetap ada, tumbuh dan berkembang untuk memajukan anggota kami dengan cara yang kami miliki. no one can stop us now.

Posted on 7 Juni 2014, in KIMIA. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Bales Dong

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: