Tunanetra Berpeluang Melihat dengan ‘Mata Bionik’


Picture3

 

 

 

CANBERRA – Ilmuwan menggunakan teknologi yang dinamakan ‘bionic eye‘ (mata bionik) yang memberikan kesempatan bagi penyandang tuna netra untuk bisa melihat. Dilansir Smh, Senin (16/9/2013), pasien di Australia diberikan mata bionik dan kabarnya mampu melihat lingkungan di sekitarnya. Ketiga pasien yang diuji coba menggunakan perangkat prototipe awal mampu menentukan lokasi pada sebuah layar setelah kamera dihubungkan dengan sebuah stimulator. Stimulator ini kemudian bisa memproduksi sebuah gambar menggunakan 20 elektroda. Sebelumnya, ketiga pasien Dianne Ashworth, Murray Rowland dan Maurice Skehan hanya mampu melihat cahaya atau titik cahaya dari 20 elektroda.

Matt Petoe, peneliti Bionics Institute mengatakan, uji coba terbaru menunjukkan bahwa pasien bisa beranjak dari kebutaan menjadi memiliki penglihatan tingkat rendah. “Ini bukan hanya sebuah mainan yang mereka punya di kepala mereka, mereka benar-benar terbukti, secara klinis, bahwa mereka dapat melihat apa yang ada di depan mereka,” terang Petoe.Menurutnya, pasien telah melewati tes untuk penglihatan fungsional. Terobosan ini menandakan pasien dalam percobaan memiliki sistem kerja yang dapat mengonversi gambar dunia nyata ke dalam visi bionik, yang memberikan harapan bagi jutaan orang tunanetra dan gangguan penglihatan.

berita edukasi

About HIMKA POLBAN

Walau Kami dilarang untuk berorganisasi di polban, tapi kami tetap ada, tumbuh dan berkembang untuk memajukan anggota kami dengan cara yang kami miliki. no one can stop us now.

Posted on 1 Oktober 2013, in KIMIA. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Bales Dong

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: