Teknologi Penghasil Kain Super Kuat dari Laba-Laba


Picture1

 

YOKOHAMA – Sebuah perusahaan asal Jepang yang bernama Spiber of Tsuruoka belum lama ini telah mengembangkan suatu teknologi baru untuk menghasilkan kain bernama Qmonos (sarang laba-laba dalam bahasa Jepang) darijaring atau benang laba-laba suterasintetis. Perusahaan mengklaim kain ini tiga kali lebih kuat dari Kevlar (bahan yang biasa digunakan untuk rompi anti peluru) serta lima kali lebih kuat dari baja. Kain ini berasal dari serat laba-laba sutera yang diekstraksi sedemikian rupa dengan teknologi termutakhirnya, sehingga tahan air dan bersifat anti bakteri.

Sutera laba-laba diketahui memiliki kerumitan. Tim ilmuwan mempelajari struktur molekuler suteralaba-laba tersebut, agar mereka bisa memproduksi material untuk bahan rompi antipeluru serta urat buatan. Dilansir DamnGeeky, Sabtu (1/6/2013), pengembang teknologi mengatakan kegiatan sintesis gen dalam mikro organisme dapat digunakan untuk memproduksi protein laba-laba. Sehingga, dapat menghasilkan jaring yang menjadi bahan kain ini berkekuatan “super”. Bahkan dengan teknologi ini, kambing juga dapat dimodifikasi secara genetik untuk menghasilkan susu berprotein tinggi. Kain sutera sintetis super kuat ini renacananya akan diproduksi secara massal pada 2015 mendatang. Kabarnya, sehelai kain ini dibanderol seharga 220 poundsterling (sekira Rp3,2 jutaan).

 

berita edukasi

About HIMKA POLBAN

Walau Kami dilarang untuk berorganisasi di polban, tapi kami tetap ada, tumbuh dan berkembang untuk memajukan anggota kami dengan cara yang kami miliki. no one can stop us now.

Posted on 1 Oktober 2013, in KIMIA. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Bales Dong

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: