Mengubah Kulit Menjadi Darah Manusia


Para ilmuwan menemukan cara membuat darah dari kulit manusia dewasa.

hbc (1)

 

Temuan terobosan tersebut bisa saja berarti bahwa ke depan, orang-orang yang akan membutuhkan darah untuk operasi, perawatan kanker atau perawatan penyakit lain yang berhubungan dengan darah seperti anemia, bisa mendapatkan darah yang dihasilkan dari sepotong kulit mereka sendiri untuk transfusi. Uji klinis kemungkinan bisa dimulai tahun 2012.

Mick Bhatia yang merupakan direktur ilmiah McMaster’s Stem Cell and Cancer Research Institute di Michael G. DeGroote School of Medicine beserta tim penelitinya juga menunjukkan bahwa konversi tersebut bersifat langsung. Membuat darah dari kulit tidak memerlukan langkah penengah yaitu mengubah sel punca atau sel induk kulit menjadi sel induk pluripoten yang bisa membuat banyak jenis-jenis sel manusia lainnya, kemudian mengubahnya menjadi sel induk darah.

“Kami menunjukkan bahwa hal ini berhasil dilakukan dengan menggunakan kulit manusia. Kami tahu bagaimana cara kerjanya dan yakin bahwa kami bahkan bisa mengoptimalkan prosesnya,” tutur Bhatia. “Sekarang kami terus bekerja mengembangkan tipe lain jenis sel manusia dari kulit karena kita sudah memiliki bukti yang meyakinkan.”…….baca selengkapnya disini🙂

About HIMKA POLBAN

Walau Kami dilarang untuk berorganisasi di polban, tapi kami tetap ada, tumbuh dan berkembang untuk memajukan anggota kami dengan cara yang kami miliki. no one can stop us now.

Posted on 27 Agustus 2013, in KIMIA. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Bales Dong

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: