Lampu Pintar akan Terangi Jalanan Finlandia


lampu-pintar-akan-terangi-jalanan-finlandia

 

 

 

 

 

 

VTT Technical Research Centre of Finland mengembangkan teknologi lampu jalanan LED yang bisa diredupkan. Lampu jenis ini mengonsumsi energi lebih sedikit dibandingkan dengan sistem penerangan jalan yang saat ini digelar, namun di saat yang sama juga mampu meningkatkan karakteristik pencahayaan.

Sebagai gambaran, lampu jalanan tradisional bekerja dengan daya penuh saat dinyalakan dan jumlah pancaran cahayanya pun umumnya tidak bisa diatur. Sementara itu, lampu jalanan LED yang dikembangkan oleh VTT mampu beradaptasi dengan kondisi sekeliling dengan bantuan sensor dan kontrol nirkabel.

Ini membuat lampu-lampu tersebut bisa diredupkan sesuai dengan kondisi pencahayaan alami yang sedang terjadi, kondisi lingkungan (misalnya pancaran sinar yang dipantulkan oleh salju), dan juga jumlah pejalan kaki.Sistem pencahayaan jalanan cerdas ini juga mampu menyimpan informasi konsumsi energi, temperatur, tingkat pencahayaan, jumlah pejalan kaki. Menurut pengukuran di laboratorium, lampu LED baru ini sudah 50 persen lebih hemat energi dibanding lampu tradisional, bahkan meski tanpa dilengkapi fitur cerdas yang dimiliki. Jika fitur pengaturan tingkat pencahayaan sesuai kondisi diberlakukan, ada potensi tambahan penghematan energi hingga 40 persen….baca selengkapnya disini🙂

 

berita edukasi

About HIMKA POLBAN

Walau Kami dilarang untuk berorganisasi di polban, tapi kami tetap ada, tumbuh dan berkembang untuk memajukan anggota kami dengan cara yang kami miliki. no one can stop us now.

Posted on 31 Mei 2013, in KIMIA. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Bales Dong

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: