Kinetric, Tas Yang Dapat Mengecas Gadget


Bagi mereka yang menggunakan gadget seperti laptop, BlackBerry atau alat elektronik lainnya biasanya memiliki ketergantungan cukup tinggi terhadap energi listrik. Tak heran jika saat ini penggunaan baterai portabel yang bisa dibawa kemana-mana menjadi tren tersendiri di masyarakat. “Bahkan baterai portable pun butuh di-charge. Tapi masalah yang sering dihadapi adalah kebutuhan listrik untuk mengecas baterai gadget mereka,” ujar Mahasiswi Teknik Industri Universitas Surabaya, Evita Tania saat mempresentasikan Tas yang diberi nama Kinetric Ver 1.0 atau Green Kinetic Energy Providing Electricity BackPack di Kampus Ubaya Kalirungkut.

1013_20121010100858

 

 

 

 

 

 

Dari pengamatan, saat berjalan, naik kendaraan seperti sepeda motor dan melakukan aktivitas lainnya, pengguna backpack pasti mengeluarkan energi kinetik. Dan energi tersebut terbuang sia-sia.

“Energi buangan tersebut sangat berpotensi diolah kembali untuk memenuhi kebutuhan energi. Sifat energi kinetik tersebut dapat diubah menjadi bentuk energi lain yang dapat dimanfaatkan,” tambah Cindy. Untuk mengubah energi gerak atau kinetik menjadi energi listrik digunakan piezoelektrik. Alat ini menghasilkan listrik bila mendapat tekanan atau getaran.

Di dalam tas, piezoelektrik diletakkan di samping, bawah tas dan bagian belakang yang sering mendapat tekanan. Kemudian alat ini disambungkan ke penyimpan energi listrik yang dapat digunakan mengecas gadget. Saat pengguna backpack memasukkan maupun mengeluarkan barang, saat berjalan atau gerakan lainnya, alat tersebut akan menyerap energi kinetik dan mengonversinya menjadi energi listrik….baca selengkapnya disini🙂

 

berita edukasi

 

 

 

 

 

About HIMKA POLBAN

Walau Kami dilarang untuk berorganisasi di polban, tapi kami tetap ada, tumbuh dan berkembang untuk memajukan anggota kami dengan cara yang kami miliki. no one can stop us now.

Posted on 31 Mei 2013, in KIMIA. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Bales Dong

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: