Cara Menghapal yang Ideal



Gimana sih cara menghafal pelajaran supaya cepet ngerti?? Nah,ini buat temen-temen Himka pasti pernah ngalamin hal ini kan?? Saat harus menghadapi ujian/test mulai deh menghafal sistem kebut semalem,mending jika kamu fit,susasana hati enak kalau enggag malah jadi beban.

Taukah kamu bahwa Perasaan itu berhubungan dengan minat. Ketika kita senang dengan sesuatu hal, maka apapun yang berhubungan dengan hal tersebut akan lebih mudah membekas/mengingat. wah tapi jangan berpikir bahwa kalo gitu gak usah belajar yang tidak kita minat | lho …. karena pada sebenarnya perasaan adalah ‘sintetis’ dan bisa dimanipulasi. itu sebabnya ada kata-kata: bisa karena biasa (hafal dengan diulang-ulang, banyaknya mengulang tergantung dirimu), benci jadi rindu (kita bisa menyukai jika kita mau menyukai).hal yang sama terjadi pada saat kita (tanpa sadar) menghafal lirik lagu kesayangan kita.

Cara kerja memori otak kita sebenarnya adalah tiap memori disimpan ditempat masing-masing yang dihubungkan satu dengan yang lainnya. jadi sebenarnya ketika kita membaca atau memahami sesuatu, otak kita sudah menyimpannya.tinggal bagaimana mencarinya. Kita mungkin cukup menghafal kata kuncinya saja dari materi yang di hapal, (toh tidak semua hafalan harus sama persis) cara lainnya ketika membaca,kita menghubungkan dengan memori-memori yang lain. Kalau sifat hafalan hanya pengertian, tidak harus menurut kalimat di buku, cari kata kuncinya, misalnya Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya, baik di darat, laut maupun sungai. Kata kuncinya adalah timbal balik yg hidup dengan yang mati. jadi kesananya tinggal kita rangkai kata yang mengarah ke makna sebenarnya dari ekosistem. simpel kan.

Yang tidak kalah penting adalah lingkungan belajar.biasanya untuk menghafal memang harus sunyi,atau kalo ada musik yang amat pelan (hampir tidak kedengaran) karena ada yang merasa dengan musik lebih bisa santai (yang bagus juga untuk menghafal). selain itu diusahakan jangan terputus, siapkan waktu yang agak longgar (1jam), tapi tiap menghafal sesuatu sebaiknya otak diistirahatkan dulu 3-5menit sebelum kembali menghafal. (tul)

About HIMKA POLBAN

Walau Kami dilarang untuk berorganisasi di polban, tapi kami tetap ada, tumbuh dan berkembang untuk memajukan anggota kami dengan cara yang kami miliki. no one can stop us now.

Posted on 24 Oktober 2012, in Info POLBAN, Kegiatan HIMKA and tagged , , . Bookmark the permalink. 11 Komentar.

  1. waduh euy…
    PD bnget km ok…
    tapi naha can boga kabogoh atuh?

  2. ole itu mukanya udah paling oke haha

  3. Haha… muka…

  4. eta beungeut na meni rungsing kitu

  5. Tp mun ga ada lagi model saya bersedia koq🙂

  6. sakali kali modelna urang lur….

Bales Dong

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: